oleh

Vaksinasi COVID-19 Segera Dimulai 13 Januari 2021

Sekilas News – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan untuk pelaksanaan program vaksinasi pada masyarakat,

Program vaksinasi Covid-19 bakal segera dimulai Pemerintah. Dikutip dari berbagai sumber bahwa vaksinasi covid-19 akan segera dimulai pada hari Rabu 13 Januari 2021.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjamin, vaksin yang akan digunakan aman lantaran telah melalui serangkaian proses pengujian.  

Vaksin yang akan digunakan adalah vaksin yang telah mendapat izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM). 

Rencananya, vaksin Covid-19 pertama di Indonesia akan disuntikkan ke Presiden Joko Widodo. 

Baca Juga: Perbedaan Arti Efikasi Vaksin dan Efektivitas Vaksin

“Mengenai vaksinasi, Insya Allah, Bapak, Ibu, kita akan mulai di hari Rabu dan akan dimulai oleh Bapak Presiden,” kata Budi dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (11/1/2021). 

Guru Besar FK Unpad Prof. Dr. dr Cissy Kartasasmita, Sp. A(K), M,Sc berpesan agar masyarakat tidak perlu ragu untuk divaksin. Karena vaksin COVID-19 telah melalui serangkaian pengujian ketat di sejumlah negara termasuk Indonesia.

Sehingga Aspek khasiat, mutu & keamanan menjadi hal yang utama, selain itu juga aspek kehalalan dari MUI.

Terkait dengan efikasi vaksin, Prof. Cissy merujuk pada rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan bahwa vaksin dengan efikasi di atas 50% dapat digunakan oleh masyarakat luas.

Baca Juga: James Robert Moffett, Mantan Komisaris Utama Freeport-McMoRan Meninggal Dunia Karena COVID-19

Berdasarkan hasil uji klinik, efek samping yang ditimbulkan oleh vaksin COVID-19 sangatlah ringan dan mudah diatasi. Biasanya akan hilang dalam satu atau dua hari pasca vaksinasi.

Masyarakat tidak perlu khawatir bahkan takut terhadap vaksinasi. Dengan vaksinasi kita tidak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga melindungi keluarga dan sesama. Namun tetap dengan adanya vaksinasi tak boleh membuat kita abai, tetap disiplin terapkan protokol kesehatan 3M yakni Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan pakai sabun.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed