oleh

Siapa Ahmad Taufan Damanik?

Sekilas News – Ahmad Taufan Damanik adalah komisioner sekaligus menjabat sebagai Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) periode 2017-2022.

Ahmad bersama tujuh orang disahkan oleh Komisi III DPR RI menjadi Komisioner HAM pada 3 Oktober 2017. Dari tujuh nama yang dipilih melalui mekanisme musyawarah mufakat tersebut, salah satunya adalah Ahmad Taufan Damanik.

Selain dikenal sebagai dosen politik di Fakultas Sosial Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Taufan juga dikenal sebagai penggiat lembaga non pemerintahan. Dosen aktivis’98’ ini juga dikenal sebagai aktivis hak anak. Ia pernah terpilih mewakili Indonesia menjadi komisioner di Komisi Badan Promosi dan Perlindungan Hak Asasi Perempuan dan Anak ASEAN – The ASEAN Commission on the Promotion and Protection of the Rights of Women and Children (ACWC). 

Ia juga dikenal sebagai ketua KKSP Medan, ketua Presidium Koalisi Nasional NGO Pemantau Anak yang sekarang sedang meyiapkan Laporan Komprehensif tentang Pelaksanaan Hak Anak di Indonesia, anggota IFM-SEI, satu organisasi pendidikan anak yang bermarkas di Brussel Belgia.

Drs. Taufan Damanik serta seluruh perwakilan negara-negara ASEAN lainnya akan dilantik pada 7 April 2010 di Hanoi ibukota Vietnam.

Dalam ajang Debat Pilpres 2019, dia menjadi salah satu tim Panelis. Selain Ahmad Taufan Damanik, dalam debat yang berlangsung pada tanggal 17 Januari 2019 itu terdapat panelis lainnya yaitu Bagir Manan, Hikmahanto Juwana, Agus Rahardjo, Bivitri Susanti dan Margarito Kamis.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed