oleh

Selangkah Lagi Madura Jadi Provinsi Tahun 2021?

Sekilas Daerah, Madura – Sejak sejumlah tokoh masyarakat Madura yang tergabung dalam Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (P4M) telah mendeklarasikan pembentukan Provinsi Mandiri isu Madura menjadi provinsi kembali jadi pembicaraan hangat di Jawa Timur dan juga Nasional.

P4M menilai Madura selama ini dianaktirikan dalam hal pembangunan di Jawa Timur. Upaya pemisahan Madura dari Jawa Timur diklaim sebagai upaya untuk memperbaiki nasib rakyat Madura. terutama di ranah pembangunan daerah.

Pulau Madura adalah pulau yang terletak di sisi timur laut dari Pulau Jawa. Jika dilihat sepintas, bentuk Pulau Madura ini memiliki kemiripan dengan hewan ternak sapi.

Sangat pas sekali dengan seni Karapan Sapi asal pulau tersebut. Pulau yang terkenal sebagai penghasil garam nasional ini memiliki jumlah penduduk sekitar empat juta jiwa menurut yang dikutip dari data Kumparan.

Meskipun masih menjadi kesatuan dari Provinsi Jawa Timur, namun penduduk di Pulau Madura ini memiliki Budaya, Bahasa, dan karakter yang cukup berbeda dari penduduk di Pulau Jawa Timur.

Sebenarnya pada tahun 2000-an banyak tokoh dari Pulau Madura ini yang ingin memisahkan diri dari Provinsi Jawa Timur.

Mereka memiliki keinginan yang kuat untuk membangun daerahnya sendiri dengan mendirikan Provinsi baru, yaitu Provinsi Madura. Namun keinginan ini kandas setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan mereka pada tahun 2017 silam.

Gayung bersambut ketika Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyampaikan pemekaran Madura menjadi provinsi itu tidak sulit asalkan syarat terpenuhi.

Hal itu diungkapkannya setelah menerima sejumlah tokoh masyarakat Madura yang tengah berjuang memisahkan Pulau Madura dengan Jawa Timur di kantor Kemenko Polhukam.

Baca Juga: Mahfud MD: Pemekaran Madura Bukan Hal Sulit

Dalam usahanya untuk membentuk Provinsi Madura ini, Panitia Nasional Persiapan Pembentukan Provinsi Madura mengaku telah mendapatkan persetujuan dari berbagai pihak. Mulai dari ke-empat Bupati Madura, Empat Ketua DPRD Madura, Aliansi Ulama Madura (AUMA) dan BASSRA serta beberapa tokoh Madura telah menitipkan suaranya untuk menyetujui pembentukan Provinsi Madura ini.


Harapannya pada tahun 2021 mendatang Pulau Madura sudah akan menjadi Provinsi baru di Indonesia dan resmi berpisah dari Provinsi Jawa Timur.

Dikutip dari Kabar Surabaya.org Ketua DPRD Pamekasan, Fathorrahman menjelaskan bahwa keinginan Pulau Madura ini untuk menjadi Provinsi jangan dianggap untuk meremehkan pelayanan dari Provinsi Jawa Timur, namun keinginan ini hanyalah  untuk menjaga eksistensi dari Madura yang sebenarnya.

loading…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed