Syarat Mengirim Tulisan

oleh

bisakah tulisan saya terbit?

Apa itu sekilas menulis?

Sekilas News.com secara umum memiliki dua fungsi utama: kajian dan literasi. Aspek kajian kami didasari oleh relatif minimnya kajian media yang serius dan berkelanjutan di Indonesia. Media mengisi ruang yang kian penting dalam hidup kita, mulai dari perpolitikan hingga kehidupan sehari-hari. 

Aspek literasi kami didasari oleh kepercayaan kami bahwa literasi, termasuk literasi bermedia adalah hak publik yang perlu diperjuangkan untuk dan oleh setiap individu. Oleh karena itu inisiator pembuat kanal ini adalah untuk mendidik orang banyak juga tentu mendidik diri sendiri dengan terus berupaya mengembangkan diri dengan menulis dengan melakukan kajian dan meningkatkan literasi. Kedua hal ini mendefinisikan publikasi yang kami inginkan: hasrat akademik akan kebaruan dan relevansi, baik dalam tema maupun model analisis yang digunakan, serta aksesibilitas dan kesegaran yang membuat tulisan Anda dapat dibaca dan disebarkan di masyarakat luas. 

Apakah Anda menemukan pola menarik mengenai peliputan media terkait suatu isu? Atau Anda menemukan konsep atau kajian baru yang relevan dengan isu-isu yang ada kemudian mengulasnya dalam tulisan baik di Indonesia dan atau Internasional, dan Anda ingin bantu jelaskan dan sebarkan hal positif itu? 

Ikuti panduan berikut untuk menulis, berkontribusi dengan ide menarik kalian. Terutama kajian dan literasi media ini sangat mendorong anak-anak muda ikut berpartisipasi membangun Sekilas News.com bersama.

Bagaimana sih Jenis tulisannya?

Cerita (400-600 kata) -> Sekilas Cerita ini dibagi menjadi dua yaitu fiksi dan non-fiksi. Semuanya tentang manusia dan ritual yang dilakukannya di, dengan, dan menggunakan media. Sekilas Cerita diharapkan mampu untuk merekam praktik apapun yang terjadi di kehidupan hari lepas hari, entah dituangkan dalam fiksi (masa lampau, sekarang, dan futuristik) dan nonfiksi (bisa di masa lampau dan sekarang). Tujuannya untuk belajar bagaimana menulis, membuat kajian, bermedia, dan meningkatkan literasi dengan baik dan benar. Untuk mengetahui tema dan tenggat edisi yang sedang berjalan, pantau kami di Twitter, Instagram, atau Facebook atau dapat menghubungi tim redaksi di e-mail resmi kami. 

Opini (800-1500 kata) -> Opini dan analisis terkait isu-isu dalam artian luas, semua yang terjadi di sekitar Anda dalam arti luas dan juga sempit praktik dalam media, termasuk jurnalisme, komunikasi digital, kajian khalayak, komunikasi politik, regulasi komunikasi-informasi, dan lain-lain. Sesuaikan juga Opinimu dengan rubrik yang dimaksudkan dalam 5 hal mendasar yang sudah dijelaskan di awal.

Ketentuan Umum Tulisan yang Masuk dan yang Diharapkan

  1. Sekilas News.com beraspirasi menjadi jembatan di antara para ahli dan akademisi dengan publik awam. Karena itu kami mengharapkan tulisan yang tajam dan membawa kebaruan, namun tetap dapat diakses publik dengan mudah. Tolong sebisa mungkin hindari penggunaan jargon yang terlalu kompleks, asumsikan Anda bicara dengan orang awam.
  2. Sebisanya, jabarkan argumen Anda dengan ringkas dan efisien tanpa bertele-tele. Di sisi lain, jangan ragu juga untuk menulis artikel yang cukup panjang selama Anda yakin bahwa itu diperlukan untuk menjustifikasi argumen Anda.
  3. Kami menyukai tulisan yang runut dan terfokus, serta didasari oleh argumen dan data yang kuat.
  4. Pastikan bahwa aspek-aspek mendasar di atas menjadi titik tekan untuk tulisan Anda. Dapat juga tulisan tentang komentar seorang tokoh politik yang disampaikan melalui Twitter, tapi tidak hanya membahas penggunaan serta sumber medianya sebagai latar (tanpa pembahasan kajian secara komprehensif), misalnya, begitu umum, tidak sesuai standar penulisan, dan hasil plagiat, tidak akan kami terima.
  5. Berdasarkan poin ke-4, maksud dari begitu umum, tidak sesuai standar penulisan, dan hasil plagiat, tidak akan kami terima, jika tulisan yang dikirim bukan hanya tidak memenuhi poin 1, 2, dan 3, akan tetapi juga bukan merupakan karyanya sendiri atau patut sekiranya diduga umum hasil dari karya orang lain, jika itu terjadi jika tulisan penulis tersebut sudah diterbitkan maka kami berhak menarik dan/atau menghapus tulisan tersebut dengan akan mengirim pemberitahuan dalam waktu 1 x 24 Jam dan tanpa tanggapan akan secara sepihak kami tarik atau ketentuan ini kembali diserahkan pada Pemred yang mengambil keputusan.
  6. Tulisan yang memenuhi ketiga kriteria berdasarkan poin 1, 2, dan 3, akan mendapatkan fee per-satu tulisan berkisar 20 rb rupiah sampai 60 rb rupiah dan akan diberitahukan melalui e-mail penulis.
  7. Jika pun tulisan itu tidak memenuhi poin 1, 2, dan 3, atau pun 4, tulisan tetap dapat diterbitkan dengan catatan tidak termasuk di dalam poin 5.

Pengiriman tulisan?

Lampirkan file tulisan kalian dalam surel dan kirimkan ke investigasinews.2020@gmail.com, adapun yang harus diperhatikan sekali lagi:

    1. Tulislah di pengantar surel yang akan kalian kirim ke kami. Kami sangat senang disapa. Tidak perlu panjang-panjang. Sertakan CV (jika ada) seperti kamu ingin melamar kerja, setidaknya jelaskan siapa diri kalian dan apa garis besar tulisan kalian.
    2. Kirimkan tulisan kalian dalam format dokumen Word, PDF, dan sisipkan dalam surel kalian.
    3. Kalian bisa menaruh gambar dengan menggunakan ilustrasi atau desain grafis dengan karya kalian sendiri, itu lebih membuat kami senang, namun pastikan bahwa gambar tersebut tidak melanggar hak cipta atau menggunakan Creative Commons.
    4. Jangan lupa sertakan biografi singkat (kurang lebih 3 kalimat) di ujung tulisan kalian dan lampirkan sebuah foto pilihan kalian. 
    5. Pastikan bahwa karyamu: bukan hasil plagiasi, belum dipublikasikan di tempat lain, serta tidak melanggar hak cipta ataupun bermuatan diskriminatif.

Tim Redaksi Sekilas News.com