oleh

Sandiaga Uno, Dulu Oposisi Kini Mendapat Posisi Menjadi Menteri

Sekilas News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Sandiaga Salahuddi Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu menggantikan Wishnutama.

Pria yang akrab disapa Sandi itu diketahui merupakan mantan wakil gubernur DKI Jakarta. Namun, menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, ia mengundurkan diri dari posisi tersebut untuk menjadi calon wakil presiden dari Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Menunjuk Tri Risma sebagai Mensos dan Sandiaga sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Selama kurang lebih setahun, ia menjadi lawan politik pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. Namun kini, ia bereuni dengan Prabowo yang sebelumnya sudah ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Maju.

Padahal, sebelumnya, ia salah satu sosok yang getol menjadi pihak oposisi dari pemerintahan Jokowi. Meskipun, itu ditegaskan sebagai sikap pribadinya tanpa melibatkan partai.

“Ini pandangan pribadi saya, bahwa harus ada yang di luar pemerintahan untuk membantu mengkaji (kebijakan),” ujar Sandi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Bahkan, ia memberi pesan kepada Prabowo, peran oposisi perlu diambil untuk mengoreksi dan memberikan masukan yang konstruktif. Bila semuanya ada di pihak pemerintahan, peran koreksi tidak dapat dimainkan secara optimal.

Meski begitu, ia tidak melarang Partai Gerindra menjalin komunikasi dengan partai-partai pendukung Jokowi. Menurutnya, itu merupakan bentuk peluang untuk berdiskusi demi kemajuan bangsa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed