oleh

Rekor Baru! Korea Selatan Juga Buat Matahari Buatan Seperti China

Sekilas Internasional – Rekor dunia baru untuk plasma berkelanjutan suhu tinggi baru saja dipecahkan oleh perangkat Korea Superconducting Tokamak Advanced Research (KSTAR). Alat yang disebut sebagai Matahari Buatan Korea Selatan itu dapat mencapai suhu ion di atas 100 juta derajat Celcius selama 20 detik.

Matahari Buatan Korea menggunakan medan magnet untuk menghasilkan dan menstabilkan plasma ultra-panas, dengan tujuan akhir mewujudkan daya fusi nuklir sebagai sumber energi bersih yang berpotensi tidak terbatas.

Baca Juga: China Berhasil Mengaktifkan ‘Matahari Buatan’ Bertenaga Nuklir

Dengan begitu, alat tersebut dapat mengubah cara manusia memberi daya pada kehidupan, jika bisa membuatnya berfungsi sebagaimana mestinya.

Sebelum titik ini, 100 juta derajat belum pernah dicapai selama lebih dari 10 detik, jadi ini merupakan peningkatan substansial dari upaya sebelumnya. Pada titik ini, tenaga fusi nuklir tetap menjadi kemungkinan, bukan kepastian.

“Teknologi yang dibutuhkan untuk operasi jangka panjang plasma 100 juta derajat adalah kunci realisasi energi fusi,” kata fisikawan nuklir Si-Woo Yoon yang merupakan Direktur di Pusat Penelitian KSTAR di Institut Energi Fusion Korea (KFE).

“Keberhasilan KSTAR dalam mempertahankan plasma bersuhu tinggi selama 20 detik akan menjadi titik balik yang penting dalam perlombaan mengamankan teknologi untuk operasi plasma berkinerja tinggi jangka panjang, komponen penting dari reaktor fusi nuklir komersial di masa depan.” ujar Direktur KFE, Korea Selatan tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed