oleh

Ra Latif Sapa Warga, Bagikan Sembako dan Bedah Rumah

Sekilas Daerah, Bangkalan – Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron tidak ingin ada jarak dengan masyarakat. Bupati yang akrab disapa Ra Latif itu terus memperhatikan warganya yang kurang mampu. Dia kembali menyalurkan bantuan sembako Senin (4/1).

Ra Latif memang bukan tipikal pemimpin yang suka bekerja di balik meja. Namun, dia selalu turun ke bawah, menyapa warga tanpa melihat statusnya sebagai orang nomor satu di Bangkalan.

Dengan jabatan yang dia punya, sebenarnya sangat mudah untuk menyuruh anak buahnya. Tetapi, Ra Latif tidak melakukan itu. Justru dia memilih turun sendiri, merasakan langsung apa yang dialami warganya.

Sesekali dia tampil seperti warga biasa. Dia sangat dekat bercengkerama dengan warga tanpa pembatas. Sambil berjalan kaki, dia mengetuk pintu rumah warga sembari membagikan paket sembako.

Baca Juga: 6.300 PNS di Pamekasan Belum Menerima Gaji di Bulan Pertama Tahun 2021

Jiwa sosial Ra Latif kembali tergerak melihat tiga rumah warga Dusun Laok Gunung, Desa/Kecamatan Geger, yang dinilai tidak layak huni. Dia langsung memerintahkan untuk dilakukan bedah rumah. ”Yang saya datangi ini merupakan warga yang tidak mampu dan hidup sebatang kara. Karena itu, kami hadir sedikit meringankan beban mereka,” katanya seusai blusukan.

Menurut Ra Latif, selain mengantarkan bantuan paket sembako, dia mendata warga kurang mampu yang tidak masuk data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Sebab, mereka tidak boleh terlewati. ”Sudah kami data warga yang tidak masuk DTKS. Biar ke depan, kalau ada bantuan mereka berhak menerima,” terangnya.

Kendati begitu, pihaknya turun dengan ditemani beberapa tokoh setempat, komisi D, dinas sosial (dinsos), dan lainnya. ”Supaya nanti ketika ada bantuan dari pusat, provinsi, maupun kabupaten tepat sasaran,” tuturnya.

Baca Juga: Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan Perpanjang Pembelajaran dari Rumah hingga 31 Januari 2021

Rumah warga yang tidak layak huni akan diperbaiki dengan program bedah rumah. Seperti yang dia lakukan pada tahun-tahun sebelumnya. ”Saya bantu untuk mendapatkan bantuan bedah rumah,” jelas Ra Latif.

Kepala Diskominfo Bangkalan Agus Zein menambahkan, komitmen bupati dari awal memang menyapa langsung warga kurang mampu. Ketika bupati turun, tanpa berpikir panjang langsung membantu. ”Bentuk kepeduliannya sangat tinggi. Karena itu, dia rutin turun ke bawah,” tandasnya. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed