oleh

Pemberlakuan Hukum Pidana di Indonesia

Sekilas Hukum – Hukum pidana Indonesia adalah keseluruhan dari peraturan-peraturan yang menentukan perbuatan apa yang dilarang dan termasuk ke dalam tindak pidana di Indonesia, serta menentukan hukuman apa yang dapat dijatuhkan terhadap yang melakukannya. Larangan dalam hukum pidana secara khusus disebut sebagai tindak pidana.

Hukum pidana juga termasuk dalam ranah hukum publik berbeda dengan hukum perdata yang merupakan hukum privat karena yang diatur di dalam hukum pidana adalah hubungan seseorang dengan Negara.

Hukum pidana dijalankan demi untuk kepentingan umum dan menjaga ketertiban dalam kehdupan bermasyarakat.

Tujuan hukum pidana adalah untuk mengatur masyarakat sedemikian rupa sehingga hak dan kepentingan masyarakat dapat terjamin dan terlindungi.

Pemberian sanksi kepada orang-orang yang melakukan tindak pidana merupakan konkuensi hukum atas perbuatannya. Pidana dijatuhkan bukan karena orang membuat kejahatan (quia peccatum est) melainkan supaya orang jangan melakukan kejahatan (nepeccetur).

Hukuman dalam hukum pidana adalah berupa sanksi yang bersifat siksaan atau penderitaan yang dijatuhkan kepada orang dan badan karena telah melakukan pelanggaran dan kejahatan sebagaimana yang ditentukan dalam undang-undang.

Bentuk sanksi dalam hukum pidana adalah sebagaimana yang diatur di dalam Pasal 10 KUHP, adapun bentuk sanksi sebagaimana diatur dalam ketentuan tersebut adalah berupa:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed