oleh

Menteri Agama Yaqut Cholil Dibanjiri Pujian Karena Berani Mengucapkan Selamat Hari Natal

Sekilas News – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berbicara dalam kapasitasnya sebagai menteri semua agama saat meninjau misa Natal di GPIB Immanuel atau Gereja Blenduk, Semarang, Jawa Tengah. Sikap Yaqut tersebut menuai pujian.

“Saya memperkenalkan diri sebagai Menteri Agama yang baru ditunjuk Presiden Jokowi untuk membantu beliau. Baru berumur dua hari ini. Saya yakinkan kepada Saudara-saudara yang merayakan Natal bersama, saya yakinkan saya Menteri Agama untuk semua agama, bukan hanya satu agama,” kata Gus Yaqut di Gereja Blenduk, kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, Kamis (24/12) malam.

Yaqut juga menjelaskan kedatangannya menyampaikan harapan agar antar umat beragama bergandengan tangan untuk menyebar kedamaian.

Baca Juga: Ini Panduan Merayakan Natal Dikala Pandemi COVID-19, Begini Aturannya…

“Saya sampaikan pesan kepada Saudara-saudara yang merayakan Natal, mari kita bergandengan tangan, mari jadikan agama ini sebagai sumber inspirasi menyebar kedamaian, menyebarkan kasih sayang. Ayo kita buang jauh-jauh anggapan bahwa agama menjadi norma konflik yang berbeda,” ujar Yaqut.

Kegiatan Yaqut saat meninjau Gereja Blenduk juga ia bagikan di akun Twitter dan Facebook-nya. Yaqut menerangkan juga sekaligus memantau pelaksanaan protokol kesehatan saat misa Natal.

“Menyapa jemaat Paska Ibadah Natal terbatas sesuai protokol kesehatan di GPIB “Immanuel” / Gereja Blenduk Kota Semarang. Ini adalah Gereja Kristen yang tertua, Sejarah Agama Kristen masuk Indonesia sudah ada jauh sebelum Indonesia Merdeka,” ucap Yaqut.

Netizen memuji tindakan Yaqut. Yaqut diharapkan memperbanyak diskusi lintas agama.

Baca Juga: Sebelum jadi Menag Gus Yaqut Pernah Didoakan Paus Fransiskus

“Moga ke depannya makin banyak program diskusi lintas iman yang diselenggarakan kemenag terutama untuk gol muda/mudi di daerah ya Pak. Biar Indonesia makin adem,” tulis salah seorang warganet.

“Tetap semangat Persatuan Pak Mentri, terimakasih banyak atas perhatiannya kepada kami dalam merayakan Natal tahun ini. Sangat berarti sekali bagi kami,” tulis warganet lainnya.

Sedangkan, di kolom komentar Facebook, Yaqut dibanjiri pujian. Di antara 1.700 komentar, akun bernama Imanuddin Damanik menyampaikan salut karena kata-kata Yaqut menyejukkan. Herman Joseph menyampaikan terima kasihnya atas keberanian Yaqut mengucapkan selamat Natal. Dormauli Situmorang berpendapat suara Yaqut sangat bagus di momen ini.

“Suara Bapak seperti suara roh kudus yang membawa damai bagi semua umat,” kata Dormauli.

“Seumur2 hidup sebagai warga negara Indonesia, baru kali ini mendapatkan menteri agama yang begini. Semoga Indonesia makin maju dengan hadirnya sosok negarawan dan agamawan seperti Gus Yaqut. Terima kasih atas ucapan selamat natalnya, semoga damai sejahtera daripada Tuhan senantiasa menyertai kita semua. Amin,” kata Iwan Jaya di kolom komentar Facebook Yaqut.

Baca Juga: Gus Yaqut: Agama Itu Sebagai Inspirasi, Bukan Aspirasi

“Hanya satu kata BANGGA punya Menteri Agama seperti Bapak Yaqut Cholil Qoumas yang bisa mengurai benang kusut toleransi beragama di Indonesia,” kata Maxi Senewe di salah satu titik pada barisan komentar yang panjang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed