oleh

Menkeu Resmi Terbitkan PMK Nomor 6 Tahun 2021

Sekilas Finance – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati resmi terbitkan aturan terkait pengenaan serta penghitungan pajak transaksi pembelian pulsa, kartu perdana, token, hingga voucher.

Aturan tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 6 Tahun 2021 dan berlaku mulai 1 Februari 2021.

Srimulyani menjelaskan bahwa dalam beleid tersebut kegiatan pemungutan PPN dan PPh atas pulsa, kartu perdana, token, dan voucher perlu mendapat kepastian hukum.

Adanya penyederhanaan administrasi dan mekanisme pemungutan oleh penyelenggara distribusi pulsa.

“Perlu mengatur ketentuan mengenai penghitungan dan pemungutan Pajak Pertambahan Nilai serta Pajak Penghasilan atas penyerahan/penghasilan sehubungan dengan penjualan pulsa, kartu perdana, token, dan voucher,” katanya yang dikutip dari aturan tersebut, Jumat (29/1/2021).

Baca Juga: Pemeriksaan Lingkungan Hidup Mulai Menyita Perhatian BPK RI

Menurutnya pada pasal 2 aturan tersebut dijelaskan, PPN diberlakukan atas penyerahan barang kena pajak (BKP) oleh penyelenggara jasa telekomunikasi dan penyelenggara distribusi.

BKP tersebut meliputi pulsa dan kartu perdana, baik berupa voucer fisik maupun elektronik.

Pada Pasal 4, dijelaskan bahwa PPN dikenakan atas penyerahan barang kena pajak oleh pengusaha penyelenggara jasa telekomunikasi kepada penyelenggara distribusi tingkat pertama dan atau pelanggan telekomunikasi.

Kedua, oleh penyelenggara distribusi tingkat pertama kepada penyelenggara distribusi tingkat kedua dan atau pelanggan telekomunikasi.

Pemungut PPh melakukan pemungutan pajak sebesar 0,5% dari nilai yang ditagih oleh penyelenggara distribusi tingkat kedua dan tingkat selanjutnya.

Lalu dari harga jual atas penjualan kepada pelanggan telekomunikasi secara langsung.

“Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 1 Februari 2021,” jelas Ketentuan Penutup Pasal 21.

Parman

Penulis

DS

Editor

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed