oleh

Listyo Sigit: Polri Siap Tampung Masyarakat Lulusan dari Pesantren Maupun Madrasah

Sekilas News – Calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo siap membuat gebrakan baru dengan merekrut prajurit dari lulusan sekolah Madrasah. Hal itu disampaikannya saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR RI.

Awalnya, anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKB, Cucun Ahmad Syamsurijal, menyampaikan kegelisahan masyarakat atas beredarnya informasi bahwa lulusan madrasah aliyah dilarang masuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Maka, Cucun mengingatkan kepada Listyo Sigit supaya tidak ada pernyataan seperti itu keluar dari institusi Polri karena dapat melukai dan memicu gejolak sosial.

Cucun mengapresiasi program-program yang dipaparkan oleh Listyo Sigit mengenai penataan Polri daripada transformasi organisasi melalui pembangunan sumber daya manusia (SDM) Polri yang unggul di era Revolusi Industri 4.0.

“Kita berharap bagaimana lulusan-lulusan pesantren yang kita sudah punya regulasi UU Nomor 18 Tahun 2019, ada rekognisi pengakuan kelulusan bahwa mereka punya kesempatan. Apalagi, paparan Bapak luar biasa bahwa ke depan mereka (masyarakat) akan kembali ke tengah masyarakat dan melebur sesuai lingkungannya itu,” ujarnya, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga: Mayoritas Anggota DPR RI Merespon Positif Dipilihnya Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri Baru

Listyo Sigit mengatakan Polri siap menampung masyarakat yang merupakan lulusan dari pesantren maupun madrasah. Sebab, siapa saja bisa mengikuti seleksi untuk menjadi abdi negara melalui Korps Bhayangkara. “Kalau memang dari madrasah ada yang berminat menjadi polisi, nanti anggota kita datang tengok,” katanya.

Polri, katanya, juga membutuhkan sosok yang memiliki kemampuan mengaji dengan baik, menghafal Alquran, sehingga bisa memberikan edukasi kepada masyarakat dan menjadi teladan. “Kalau tempat lain tidak bisa, kami dari Polri siap menerima,” ujarnya.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed