oleh

LBH Pontianak Gugat BPN Kota Pontianak Diduga Salahi Prosedur

Sekilas Daerah, Pontianak –  Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pontianak menggugat Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Pontianak karena diduga salahi prosedur dalam penerbitan Sertifikat Pengganti atas tanah seluas 817 M2 terletak di Kelurahan Sungai Jawi Dalam, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak.

Pemeriksaan atas gugatan penerbitan Sertifikat Pengganti tersebut dengan register Perkara Nomor: 21/G/2020/PTUN.PTK diketahui melibatkan sepasang suami/istri yang melakukan pemalsuan surat sebagaimana sudah diputus sebelumnya di Pengadilan Negeri Pontianak.

Lembaga Bantuan Hukum Pontianak melalui Pengacara Publiknya, Suparman, menyatakan penerbitan Sertifikat Penggantian Nomor 10505 semula atas nama Onay kemudian terakhir atas nama Mahdi diduga terdapat cacat hukum administratif dalam penerbitannya.

“Penerbitan Sertipikat Penggantian yang diterbitkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Pontianak terdapat cacat prosedur secara administrasi karena berasal dari keterangan palsu atau pemalsuan surat sebagaimana sudah ada putusan pengadilannya,” ungkap Suparman.

Baca Juga: Diduga Salahi Prosedur, BPN Mempawah Digugat Petani

Suparman menjelaskan asal mula kasus tersebut sekitar tahun 2001, kliennya telah menerima asli Sertipikat Hak Milik Nomor 10505 semula atas nama Onay yang mana suaminya yang memberikan itu pada klien kami sebagai jaminan atas kekurangan pembayaran hutang.

Kemudian pada tahun 2018, baru diketahui bahwa Sertipikat Hak Milik Nomor 10505 semula atas nama Onay tersebut telah dibuat Sertipikat Penggantian Nomor 10505 yang sudah beralih nama atas nama Mahdi.

“Klien kami saat itu membuat laporan di Polres Jakarta Barat pada tanggal 2 Maret 2018 atas dugaan penipuan dan pemalsuan surat, akhirnya sepasang suami istri tersebut pun kemarin terbukti melalui putusan Hakim Pengadilan Negeri bersalah,” ungkapnya.

AA

Penulis

DS

Editor

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed