oleh

Kesulitan Menulis Skripsi Saat Pandemi COVID-19? Ini Tipsnya

Menurut Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, skripsi masuk dalam level kualifikasi 6 yang mana kata kuncinya adalah mengaplikasikan, mengkaji, membuat desain, memanfaatkan IPTEKS dalam menyelesaikan masalah prosedural.

Apa itu Penelitian atau Riset?

Ada 3 hal penting dalam pengertian riset:

  1. Riset merupakan proses yang berbasis masalah dengan objek suatu fenomena empiris.
  2. Proses riset dilakukan secara sistematis terorganisasi, terkendali, dan kritis.
  3. Tujuan dari riset adalah menyajikan informasi untuk menjawab suatu masalah yang spesifik.

Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini yang telahmembawa dampak pada terbatasnya pergerakan manusia akibat social distancing dan physical distancing, menjadikan teknologi informasi dan komunikasi memiliki peranan yang sangat penting, sekaligus sebagai solusi untuk mengatasi pembatasan tersebut, di antaranya dalam urusan pemerintahan, pendidikan, bisnis, ekonomi, kesehatan, bahkan urusan agama.

Oleh karena itu ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menulis tulisan akhir ilmiah Anda antara lain:

Memanfaatkan Software Online Meeting Secara Gratis

Ada beberapa software yang bisa Anda gunakan dan pakai selama pandemi begini, seperti Google Meet (bisa sampai 250 orang ), Jitsi Meet, Zoom Meeting, dan lain sebagainya yang biasa Anda pakai atau sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Dengan menggunakan software online Anda dapat berkonsultasi, berdiskusi, dan bertemu dengan dosen pembimbing, teman diskusi, forum webinar yang bisa menunjang riset Anda. Bahkan bisa menggunakan WhatApps, tergantung kebutuhan dan beberapan dosen pengajar menggunaan media ini untuk lebih mempermudah pertemuan daring (online).

Mencari Sumber Kutipan atau Sitasi Secara Online Gratis

Sumber kutipan atau sitasi yang Anda akan jadikan catatan kaki atau Anda masukkan dalam pustakan sangatlah penting, saat Anda kesulitan mengakses itu secara offline atau langsung, Anda bisa gunakan journal atau sumber kutipan secara lengkap di beberapa sumber seperti The Directory of Open Acces Journals (Doaj) juga bisa mengakses SSRN.

Membuat Kuesioner Riset (Penelitian)

Seiring berkembangnya teknologi, sekarang Anda tidak butuh menggunakan kertas lagi untuk membuat kuesioner. Melalui Google Form, Anda bisa dengan mudah membuat kuesioner online dan menyebarkannya ke responden saat itu juga. Ya, selain hemat kertas, layanan dari Google ini juga bisa mempermudah Anda mengolah data ketika hasil kuesioner telah dijawab oleh responden.

Meski pun bukan hanya Goolge Form saja, ada juga seperti Mentimeter yang bisa Anda gunaan untuk membuat kuisioner Penelitian Anda secara online.


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed