oleh

Kesulitan Menulis Skripsi Saat Pandemi COVID-19? Ini Tipsnya

Sekilas Science – Aspek kesehatan dan keselamatan saat pandemi menjadi prioritas setiap individu, tidak terkecuali mahasiswa. Terbatasnya ruang gerak, kesulitan keluar rumah, dan ketatnya berbagai aturan kesehatan menjadi pemicu kegalauan para mahasiswa semester akhir yang sedang mengerjakan skripsi.

Secara umum, situasi pandemi telah menyebabkan kesulitan bagi mahasiswa dalam melakukan kegiatan penelitian lapangan atau riset kualitatif secara fisik seperti wawancara dan observasi.

Padahal, jika melihat situasi saat ini rata-rata metode penelitian mahasiswa S1 khususnya departemen politik-pemerintahan adalah penelitian kualitatif lapangan dengan sumber data primer.

Meskipun situasi pandemi seolah mengancam kemandekan skripsi, nyatanya terdapat beberapa opsi metode penelitian alternatif bagi mahasiswa. Dalam hal ini, Amalinda Savirani menjelaskan tiga metode riset yaitu metode penelitian analisa wacana, big data sederhana, dan kajian pemikiran. Poin penting dalam ketiga metode tersebut adalah penggunaan  basis data sekunder dan metode desk study untuk menggantikan kegiatan field work.

Metode analisa wacana berfokus pada kajian kebahasaan (ekspresi kata, ekspresi argumen, dan alur pikir di dalamnya). Dalam menggunakan metode ini, seorang peneliti juga harus berfokus pada suatu ide/gagasan utama suatu wacana.

Metode kedua yaitu penelitian big data. Metode ini memiliki beberapa tipe dimana mayoritas mahasiswa S1 menggunakan tipe descriptive analytics. Tipe ini merupakan bentuk analisa deskriptif yang menjawab pertanyaan “what happened?”. Selanjutnya metode yang ketiga adalah penelitian kajian pemikiran. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed