oleh

Kebahagiaan? Apa itu? Bagaimana Bisa Memperolehnya serta Tanda-Tandanya

Sekilas Science – Kebahagiaan adalah keadaan yang menggetarkan jiwa dan sulit dipahami. Para filsuf, teolog, psikolog, dan bahkan ekonom telah lama berusaha untuk mendefinisikannya. 

Sejak tahun 1990-an, seluruh cabang psikologi psikologi —terutama psikologi positif — telah didedikasikan untuk menjabarkannya. Lebih dari sekadar suasana hati yang positif, kebahagiaan adalah keadaan kesejahteraan yang mencakup menjalani kehidupan yang baik, yang memiliki rasa makna dan kepuasan yang mendalam.

Merasa gembira memiliki manfaat kesehatannya juga. 

Sebuah badan penelitian yang berkembang juga menunjukkan bahwa kebahagiaan dapat meningkatkan kesehatan fisik Anda; perasaan positif dan kepuasan tampaknya bermanfaat bagi kesehatan jantung, sistem kekebalan, tingkat peradangan, dan tekanan darah, antara lain. Kebahagiaan bahkan telah dikaitkan dengan umur yang lebih panjang serta kualitas hidup dan kesejahteraan yang lebih tinggi.

Mencapai kebahagiaan adalah pengejaran global. Para peneliti menemukan bahwa orang-orang dari setiap sudut dunia menilai kebahagiaan lebih penting daripada hasil pribadi yang diinginkan lainnya, seperti memperoleh kekayaan, memperoleh barang-barang materi, dan masuk surga.

Bagaimana Bisa Memperoleh Kebahagiaan?

Kebahagiaan bukanlah hasil dari berpindah dari satu kegembiraan ke kegembiraan berikutnya; peneliti menemukan bahwa untuk mencapai kebahagiaan biasanya selalu melibatkan saat-saat ketidaknyamanan yang cukup besar. 

Susunan genetik, keadaan hidup, prestasi, status perkawinan, hubungan sosial, bahkan hubungan Anda dengan tetangga Anda — semuanya memengaruhi seberapa bahagia diri Anda.

Atau bisa dengan cara berpikir dan mengungkapkan perasaan individu. Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar kebahagiaan berada di bawah kendali pribadi (diri sendiri).

Secara teratur memanjakan diri dalam kesenangan kecil, terserap dalam aktivitas yang menantang, menetapkan dan memenuhi tujuan tertentu, mempertahankan ikatan sosial yang intim, dan menemukan tujuan di luar dari diri sendiri semuanya untuk meningkatkan kepuasan hidup. Bukan kebahagiaan itu sendiri yang mempromosikan Anda untuk hidup sejahtera, akan tetapi hal itu adalah pengejaran aktualitas yang menjadi kunci hidup Anda untuk memperolehnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed