oleh

Kalapas Sukamiskin Ceritakan Setya Novanto yang Kini Jadi ‘Petani’

Sekilas News – Kalapas Sukamiskin Asep Sutandar menceritakan eks Ketua DPR RI Setya Novanto  ikut turun dan menjadi ‘petani’ di lahan garapan sawah area Lapas Sukamiskin yang beralamat di Jalan AH Nasution.

Kalapas Sukamiskin Asep Sutandar jelaskan bahwa lahan itu diketahui sudah ada sejak berbulan-bulan yang lalu namun hanya digarap oleh napi pidana umum. Akan tetapi, belakangan para napi tindak pidana korupsi termasuk eks DPR RI Setya Novanto ikut terjun.

“Kalau keseluruhan, ketika kita ajak kolaborasi saya bilang ke beliau pada prinsipnya mereka ini statusnya warga binaan walaupun status sosialnya beliau ini high class. Tapi bagaimana kontribusi pada pembinaan ini penting,” ujar Asep saat ditemui di kantor Kanwil Kemenkum HAM Jabar, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Rabu (3/2/2021).

Asep menuturkan para napi Tipikor memang tak sering terjun ke sawah untuk menggarap pertanian. Menurutnya, daya pikir para napi Tipikor ini juga berguna bagi budidaya lahan pertanian.

“Mereka kan punya daya pikirnya tinggi, pakar kok, ahli walaupun mereka tidak bisa bekerja secara kasar tapi mereka bisa berpikirnya kan? Ini harus dilakukan,” tuturnya.

Guna mendorong program tersebut terus berlanjut, Asep bahkan meminta ke Kanwil Kemenkum HAM Jabar untuk menambah jumlah napi umum di Lapas Sukamiskin. Sehingga nantinya para napi Tipikor terlebih yang sudah berusia, dapat menyumbang pikiran untuk keberhasilan budidaya tersebut.

“Maka untuk mendorong saya meminta ke Kanwil untuk menambah warga binaan yang pidana umum. Yang khusus bisa bekerja. Bagaimana 248 itu termasuk manula, rentan sakit kalau mereka turun,” kata Asep.

Sebelumnya, Mantan Ketua Umum DPR RI Setya Novanto kini punya kesibukan baru. Setnov sapaannya, kini sedang sibuk menjadi petani di Lapas Sukamiskin.

Setnov yang menjadi ‘petani’ berkemeja putih dan bertopi caping ini terlihat pertama kali melalui foto yang dikirimkan Asep. Dalam foto itu terlihat ada eks Wali Kota Bandung Dada Rosada yang ikut berada di sawah.

Tya

Penulis

DS

Editor

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed