oleh

James Robert Moffett, Mantan Komisaris Utama Freeport-McMoRan Meninggal Dunia Karena COVID-19

Sekilas News – Mantan bos Freeport-McMoRan, James Robert Moffett atau dikenal Jim Bob dikabarkan meninggal dunia di Austin, Texas, Amerika Serikat pada, Jumat 8 Januari 2021.

Juru Bicara PT. Freeport Indonesia, Riza Pratama membenarkan telah menerima kabar duka tersebut. Moffet terakhir menjabat sebagai Executive Chairman Freeport-McMoran pada akhir tahun 2015.

“Iya (meninggal dunia),” katanya singkat melansir dari seputarpapua.com ketika dikonfirmasi dari Timika, Minggu (10/1/2021).

Ia tidak menjawab lebih jauh soal penyakit yang diderita Moffet. Situs web The Times-Picayune (nola.com), surat kabar harian yang terbit di New Orleans, Louisiana, mengabarkan Moffet meninggal di usia 82 tahun karena komplikasi penyakit dengan Covid-19.

“Jim Bob Moffett, putra seorang pekerja kilang minyak yang membangun Freeport-McMoRan Inc. yang mendukung sumber daya listrik untuk sipil dan bisnis setempat, meninggal karena komplikasi Covid-19 pada hari, Jumat di Austin,” katanya.

Jim Bob Moffet, demikian James Robert Moffett dikenal, sebelumnya adalah Chairman sekaligus Co-Founder Freeport-McMoRan, Inc., salah satu perusahaan pertambangan terbesar di dunia.

Jim Bob lahir di Houma pada tahun 1938 dan tinggal di Golden Meadow, adalah anak seorang pekerja kilang minyak. Ayahnya meninggal saat Jim Bob berusia 5 tahun. Ia dan adiknya lalu pindah ke Houston dengan ibu mereka.

Baca Juga: Papua Barat: Masalah Yang Tidak Akan Pernah Usai

Jim Bob kuliah di University of Texas di Austin lewat beasiswa football. Pada 1961, ia menjadi lulusan terbaik geologi di perguruan tinggi terkemuka itu. Jim Bob kemudian mengejar master geologi di Tulane. Setelah menerima gelar, ia bekerja di bisnis minyak dan gas sebagai seorang konsultan geologi di New Orleans.

Pada tahun 1969, Jim Bob Moffett bersama dua koleganya mendirikan McMoran Oil & Gas. Kemudian 1981, Moffet mendorong merger McMoran Oil & Gas dan Freeport Minerals Company,” tulis *Tantri Setyorini* di merdeka.com yang mengulas biografi Moffet ketika gonjang ganjing bisnis Freeport pada 2015.

Selanjutnya pada tahun 1981, Jim Bob mengatur merger dua perusahaan yang kemudian dikenal sebagai Freeport-McMoRan. Ini merupakan salah satu merger perusahaan terbesar dalam sejarah Wall Street.

Pada akhir-1988, Freeport-McMoRan mendapatkan tambang Grasberg, aset paling berharga perusahaan itu yang berada di Mimika, Provinsi Papua, Indonesia. Grasberg adalah salah satu tambang tembaga dan emas terbesar yang pernah ditemukan

Jim Bob melepas jabatannya sebagai Executive Chairman Freeport-McMoran di akhir tahun 2015. Ia beralih menjadi konsultan Freeport-McMoran, termasuk memberikan masukan terkait negosiasi perpanjangan kontrak Freeport di Indonesia.

Moffett sangat aktif di New Orleans ketika Sidney Barthelemy menjadi walikota dari tahun 1986 hingga 1994. Barthelemy menganggap Moffett sebagai mitra yang paling bersedia daripada kebanyakan pengusaha lain.

Pada saat harga minyak anjlok dan berdampak serius pada ekonomi New Orleans, Moffet setuju untuk mendukung pendanaan $ 35 juta kepada pemerintah kota untuk membayar perbaikan jalan, taman dan perpustakaan. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed