oleh

Jalan Berlubang, Bahayakan Pengendara

“Berpotensi akan menimbulkan kecelakaan lalu lintas, terutama di malam hari.” ujar Mardi.

Sekilas News, Mempawah – Dari hasil pantauan tim sekilasnews.com (1/12/2020) bahwa di sepanjang ruas jalan dari arah Kota Mempawah menuju Kota Pontianak terlihat beberapa jalan berlubang atau rusak.

Kondisi ruas jalan yang terlihat cukup parah atau banyak lubang, terdapat di sepanjang jalan raya sungai burung menuju jalan raya wajok.

Penampakan Jalan Berlubang di ruas Jalan Mempawah ke Kota Pontianak

Jalan berlubang tersebut tentunya dapat mengancam keselamatan pengendara baik pengendara roda dua maupun roda empat yang melintasi jalan tersebut.

Jalan rusak atau berlubang tersebut tentu berpotensi dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

loading…

Tingkat kecelakaan lalu lintas cenderung terjadi pada malam hari.

Apalagi dengan kondisi ruas jalan yang rusak atau berlubang tersebut, hal ini dikarenakan berkendara di malam hari membuat pandangan terganggu dan kurang tajam akibat dari cahaya yang menurun, berbeda hal nya dengan cahaya pada pagi atau siang hari.

Lubang yang ada di sepanjang ruas jalan tersebut hanya ditandai dengan plastik atau cat putih, hal ini dilakukan agar pengendara yang hendak melintasi jalan rusak tersebut mengetahui bahwa terdapat lubang yang harus dihindari oleh si pengendara.

Jalan berlubang yang hanya ditutupi menggunakan Karung Sak dan tanda garis putih

Mardi satu di antara pengendara roda dua yang tim sekilasnews.com wawancarai di lapangan, menyampaikan keluhan terkait dengan ruas jalan yang berlubang tersebut.

loading…

Ia menghimbau agar pemerintah daerah/kota serta instansi pemerintah terkait untuk segera mengambil sikap serta memperbaiki atau menutup lubang-lubang yang ada di sepanjang ruas jalan (Mempawah – Pontianak) tersebut.

Mardi juga menyampaikan hal-hal yang harus diperhatikan oleh pengemudi atau pengendara yang hendak melintas di sepanjang ruas jalan yang rusak atau berlubang tersebut ialah dengan menjaga kecepatan motor agar bisa menghindari lubang yang tiba-tiba ada di hadapan pengemudi atau pengendara.

“Selain itu, kita juga bisa mengantisipasi jalan berlubang tersebut dengan cara membuntuti kendaraan yang berada di depan kita, karena biasanya kendaraan yang duluan di depan kita pasti memilih jalan yang bagus, maka ikuti saja roda kendaraannya, agar kita tidak terjerembab” kata dia.

“Saya menyarankan kepada pengendara untuk selalu menggunakan rem belakang untuk mencegah roda terkunci ketika hendak melakukan rem mendadak saat melalui jalanan berlubang, kalau menggunakan rem depan tentu akan membuat roda terkunci dan mempengaruhi keseimbangan”, tutup mardi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed