oleh

Ini yang Perlu Anda Ketahui Hak dan Kewajiban Anda sebagai Konsumen

Sekilas Hukum – Dalam kegiatan sehari-hari kita sering melakukan transaksi jual-beli atau mengonsumsi barang yang ditawarkan atau dihasilkan oleh pelaku usaha namun tak jarang juga kita merasa dirugikan oleh barang pelaku usaha dengan, mendapat barang yang tidak sesuai dengan harga atau tidak sesuai dengan display yang ditampilkan.

Nah, makanya di sini akan saya uraiakan mengenai hak dan kewajiban konsumen agar kita mengetahui hak-hak apa saja yang kita miliki sebagai konsumen serta kewajibannya, agar terjaminnya kepastian hukum dan Anda memahami perlindungan hukum bagi Anda sebagai konsumen.

Siapa itu konsumen ?

Menurut pasal 1 angka 2 Undang-Undang Nomer 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen yaitu “Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.”

Dapat dikatakan juga bahwa konsumen yaitu mereka yang mengonsumsi atau menggunakan barang atau jasa yang tidak untuk diperdagangkan atau diperjual belikan lagi melainkan untuk di konsumsi atau dipakai untuk diri sendiri, keluarga dan mahluk hidup lainnya, tetapi jika tujuannya untuk di perdagangkan kembali maka itu disebut sebagai Distributor, Pengecer.

Baca Juga: Bagaimana sih Penyelesaian Sengketa Perlindungan Konsumen? 

Kata konsumen sendiri awalnya muncul dari consumer yang artinya setiap orang yang menggunakan atau mengonsumsi suatu produk baik itu barang maupun jasa.

Hak-Hak Konsumen

Mengacu pada Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dalam pasal 4 mengatur tentang  Hak Konsumen sebagai berikut:

  1. hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa;
  2. hak untuk memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan;
  3. hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa;
  4. hak untuk didengan pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan;
  5. hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut;
  6. hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen;
  7. hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif;
  8. hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya;
  9. hak-hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya.
Baca Juga: Tips Menghadapi Debt Collector yang Perlu Anda Ketahui

Kewajiban Konsumen

Mengacu pada Undang-undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen,  Pasal 5; Kewajiban diatur sebagai berikut

Kewajiban Konsumen adalah :

  • Membaca atau mengikuti petunjuk informasi dan prosedur pemakaian atau pemanfaatan barang dan/atau jasa, demi keamanan dan keselamatan;
  • Beritikad baik dalam melakukan transaksi pembelian barang dan/atau jasa;
  • Membayar sesuai dengan nilai tukar yang disepakati;
  • Mengikuti upaya penyelesaian hukum sengketa perlindungan konsumen secara patut

Dengan Undang-Undang perlindungan konsumen ini memiliki tujuan untuk melindungi hak konsumen karena pada dasarnya konsumen lebih lemah dibandingkan posisi dari pelaku usaha itu sendiri. Tetapi, dengan adanya prosedur serta hak dan kewajiban ini juga baik itu konsumen dan pelaku usaha dapat mengetahui perannya masing-masing sehingga tidak ada yang dirugikan.

Jadi, sekarang sudahkah memahami betul apa itu konsumen? Serta apa saja  hak dan kewajiban Anda sebagai konsumen? Dengan memahami hal ini apabila Anda menjadi seorang konsumen atau sebaliknya sebagai pelaku usaha pastikan untuk memahami perannya masing-masing ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed