oleh

Ini Alasan China Tolak WHO Masuk Wuhan

Sekilas Internasional – China mengatakan, masih bernegosiasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengenai tanggal dan rencana perjalanan untuk kunjungan para ahli internasional yang menyelidiki asal-usul virus corona baru.

Pernyataan China itu keluar setelah Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengecam Beijing karena tidak memberikan izin untuk misi tersebut.

Posisi China dalam memburu asal-usul pandemi “selalu terbuka dan bertanggung jawab,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying dalam jumpa pers Rabu (6/1), seperti dilansir Channel News Asia.

Dia menyebutkan, China memiliki kerjasama yang erat dengan WHO.

Tapi, “Masalah asal sangat kompleks. Untuk memastikan pekerjaan kelompok ahli global di China berhasil, kami perlu menjalankan prosedur yang diperlukan dan rencana konkret yang relevan. Saat ini, kedua belah pihak masih dalam negosiasi,” ungkap Hua.

Baca Juga: WHO Datang ke China untuk Telusuri Asal Usul COVID-19, Ditolak Otoritas China

“Saya mengerti, ini bukan hanya masalah visa dan tanggal serta rencana perjalanan yang sebenarnya. Kedua belah pihak masih menjalin komunikasi yang erat,” imbuh dia.

China Sedang Sibuk

Menurut Hua, pakar penyakit China saat ini sedang sibuk dengan beberapa kluster dan wabah skala kecil yang terjadi di negeri ginseng dalam beberapa minggu terakhir.

“Para ahli kami sepenuh hati berada dalam pertempuran menegangkan untuk mengendalikan epidemi,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed