oleh

Gagalkan Penyelundupan di Soetta Bea Cukai Amankan 1,5 Juta Benih Lobster Ilegal ke Vietnam

Sekilas News – Bea Cukai Soekarno Hatta telah menggagalkan penyelundupan benih lobster yang akan diekspor ke Vietnam, Selasa (15/09).

Berdasarkan informasi dari Bea Cukai, diduga pelanggaran ekspor benih lobster dengan tujuan pengiriman Ho Chi Minh City, Vietnam.

“Setelah dilakukan analisis, terdapat 20 dokumen PEB yang didaftarkan oleh 14 eksportir yang berbeda. Kami berkoordinasi dengan Polresta Bandara Soekarno Hatta dan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil perikanan Jakarta I Bandara Soekarno Hatta melakukan penindakan atas kasus ini,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno Hatta, Finari Manan melalui keterangan tertulis seperti yang dikutip Sekilas dari kumparan, Jumat (18/9) Dari pemetaan di lapangan diketahui bahwa barang ekspor tersebut telah berada di samping badan pesawat dan siap untuk dilakukan pemuatan ke dalam pesawat.

Akhirnya, tim berhasil menarik 315 colly yang terdaftar di 19 pemberitahuan ekspor barang (PEB), namun untuk 1 PEB sudah tidak mungkin di-unloading.

Susi Lepasliarkan Benih Lobster ke Laut Natuna. Foto: dok. KKP

Sehingga dilakukan koordinasi dengan Operasional Lapangan Gudang Ekspor JAS Airport Services beserta AVSEC Bandara Soekarno Hatta perihal penarikan kembali benih lobster ke gudang ekspor untuk dilakukan pendalaman lebih lanjut.

Dilakukan pemeriksaan terhadap 19 dokumen PEB jenis barang benih lobster tujuan Ho Chi Minh City, Vietnam sebanyak kurang lebih 315 colly dengan jumlah di dokumen tercantum kurang lebih 1.500.000 ekor.

Dari hasil pemeriksaan sementara, kedapatan selisih lebih jumlah barang yang signifikan, kemudian dilakukan penindakan berikut penyegelan dan diterbitkan 14 surat bukti penindakan dan dilakukan serah terima ke Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Soekarno Hatta.

“Bea Cukai juga berperan aktif dalam upaya mendukung peningkatan ekonomi nasional, sehingga dalam hal ini, pelbagai upaya penyelundupan yang sangat merugikan negara tidak pandang bulu untuk ditindak,” tutup Finari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed