oleh

Erick: Kedatangan 1,2 Juta Vaksin Ini Hasil Kerja Sama Lintas Kementerian dan Lembaga

Sekilas Kesehatan – Vaksin yang akan digunakan untuk penanggulangan COVID-19 di dalam sudah mulai masuk dengan 1,2 juta dosis vaksin Sinovac yang tiba di tanah air semalam, Minggu (6/12/2020). Vaksin ini telah disimpan dalam cold storage PT Bio Farma (Persero), Bandung, Jawa Barat.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir, mengatakan vaksin yang datang saat ini merupakan vaksin bantuan pemerintah. Namun, proses vaksinasi masih menunggu izin dari BPOM dan MUI.

Baca Juga: Erick Thohir Enggan Jadi Relawan Uji Coba Vaksin Covid-19, Apa Sebabnya?

“Seperti yang disampaikan Menteri Kesehatan, vaksin yang tiba ini adalah vaksin bantuan Pemerintah. Sedangkan yang akan datang kemudian, sebagian ditujukan untuk vaksin mandiri. Vaksinasi akan dilakukan sesudah mendapatkan izin BPOM dan MUI dan rencananya akan tiba di bulan Januari tahun depan,” kata Erick dalam siaran persnya, Senin.

Vaksin Mandiri ditargetkan untuk masyarakat mampu dan pemerintah akan bekerja sama dengan Kadin dan asosiasi pengusaha lainnya. Ini merupakan bagian dari gotong royong untuk melakukan vaksinasi.

Baca Juga: Vaksin Corona Sinovac Tiba di RI, Berapa Harganya?

Selain itu, Erick juga mengungkapkan bahwa kedatangan gelombang pertama vaksin ini merupakan angin segar. Ini merupakan hasil kerja sama lintas kementerian dan lembaga, mulai dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, Badan POM, Bio Farma, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) dan pemerintah daerah serta TNI/Polri.

Selain vaksinasi, Pemerintah terus berupaya meringankan kebutuhan rakyat dengan BLT desa, subsidi gaji, hibah bantuan presiden untuk usaha mikro.

“Program bantuan Pemerintah akan terus dijalankan dan ditambah di tahun depan hal ini untuk membantu masyarakat dalam menghadapi kesulitannya dan juga untuk meningkatkan daya beli masyarakat,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed