oleh

Eksklusif! Gempa 7,3 Skala Richter Guncang Fukushima Jepang

Sekilas Internasional – Gempa berkekuatan 7,3 skala Richter melanda lepas pantai Tohoku, menyebabkan sedikitnya 50 orang terluka dan membuat beberapa pembangkit listrik mati, Sabtu (13/2/2021).

Gempa yang diukur dengan skala kekuatan 6 lebih daripada skala intensitas seismik Jepang pada umumnya – level tertinggi kedua – mengguncang prefektur Miyagi dan Fukushima di wilayah Tohoku. Namun, Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Dilaporkan dari prefektur Miyagi dan Fukushima, tetapi belum dijelaskan apakah ada yang terluka parah yang mengakibatkan korban jiwa.

Secara nasional, setidaknya 950.000 rumah mati listrik pada tengah malam tadi, juru bicara pemerintah Katsunobu Kato mengatakan pada konferensi pers. Kato kemudian mengatakan bahwa banyak pembangkit listrik di negara itu sedang offline.

Sumber pemerintah mengatakan situasi pemadaman listrik diperkirakan akan membaik pada Minggu dini hari, tetapi membutuhkan akan waktu di wilayah Tohoku untuk puliah.

Gempa, yang juga dirasakan di Tokyo, di mana tercatat 4 skala, terjadi sekitar pukul 11:07, menurut Badan Meteorologi. Pusat gempa berada di lepas pantai Fukushima, sekitar 220 kilometer (135 mil) utara Tokyo. Fokusnya diperkirakan berada pada kedalaman sekitar 55 kilometer.

Pada konferensi pers Minggu pagi hari ini, seorang pejabat Badan Meteorologi mengatakan gempa susulan hingga 6 skala kuat di Jepang dapat terjadi setidaknya selama seminggu. Pejabat itu mengatakan gempa hari Sabtu kemarin diyakini sebagai gempa susulan dari Gempa Bumi Besar di bagian Jepang Timur yang melanda wilayah yang sama pada 11 Maret 2011.

“Karena (gempa tahun 2011) adalah gempa yang sangat besar dengan kekuatan 9.0, tidak mengherankan jika terjadi gempa susulan dengan skala ini 10 tahun kemudian,” kata Kenji Satake, seorang profesor di Institut Penelitian Gempa Universitas Tokyo.

Gempa tersebut mencatatkan 6 gempa kuat di bagian selatan Miyagi, dan di wilayah tengah Nakadori dan pesisir Hamadori di Fukushima, kata badan tersebut.

Pemadaman listrik dilaporkan terjadi di beberapa bagian prefektur Fukushima, Miyagi, Iwate, dan Tochigi, menurut laporan media setempat. Tokyo Electric Power Company Holdings melaporkan pemadaman listrik di beberapa prefektur pada Minggu pagi.

Tidak ada kelainan yang ditemukan di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima No. 1 dan 2, menurut Tokyo Electric Power. Hal yang sama berlaku untuk pembangkit listrik tenaga nuklir Tokai No. 2 yang tidak aktif milik Japan Atomic Power Co. di desa Tokai di Prefektur Ibaraki dan pembangkit nuklir Onagawa milik Tohoku Electric Power Co. di Prefektur Miyagi, menurut operator mereka.

Setelah gempa, JR East menghentikan sementara operasi jalur shinkansen Tohoku, Joetsu dan Hokuriku. Terjadi pemadaman listrik di beberapa bagian. Tanah longsor menutupi bagian dari Jalan Tol Joban di Soma, Prefektur Fukushima, kata para pejabat, tetapi tidak ada kendaraan yang ditemukan terjebak.

Biro Berita Kyodo di Sendai setelah gempa bumi yang kuat melanda pada hari Sabtu | 
KYODO

Guncangan horizontal berlangsung selama beberapa menit di dalam penginapan tradisional di Minamisoma, Prefektur Fukushima, dengan piring untuk makanan tersebar di ruang makannya.

“Guncangan awal terasa lebih kuat daripada yang saya alami saat Gempa Bumi Besar Jepang Timur,” kata Tomoko Kobayashi, 68, pekerja yang bekerja di penginapan. Aku bertanya-tanya apakah ini akan berakhir. Lanjutnya.

Sebuah rak buku terlihat terbalik di sebuah rumah di Koriyama, Prefektur Fukushima, Sabtu malam setelah gempa kuat melanda wilayah tersebut. 
|KYODO

Setelah gempa 7,1, banyak gempa bumi yang lebih kecil dengan kekuatan antara 3 dan 5 terjadi di lepas pantai Fukushima.

Perdana Menteri Yoshihide Suga segera mengarahkan beberapa lembaga pemerintah terkait untuk menilai kerusakan, menyelamatkan calon korban, bekerja sama dengan pemerintah kota, dan memberikan informasi yang diperlukan tentang rencana evakuasi dan kerusakan secepat mungkin. Pemerintah membentuk satuan tugas untuk memeriksa gempa tersebut.

Menteri Pertahanan Nobuo Kishi mengarahkan Tentara Jepang untuk mengumpulkan informasi tentang cakupan kerusakan dan bersiap untuk segera merespons.

Gempa yang terjadi kurang dari sebulan sebelum peringatan 10 tahun  , tercatat Gempa Bumi Besar Jepang Timur sebagai gempa 4 skala richter Jepang di utara Prefektur Aomori dan di barat hingga Prefektur Shizuoka. Itu adalah gempa terkuat di wilayah itu sejak 7 April tahun itu, kata badan meteorologi itu.

Pusat gempa yang terjadi pada 13 Februari pukul 23:08 terletak di Prefektur Fukushima | 
BADAN METEOROLOGI JEPANG

Zefi

Penulis

DS

Editor

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed