oleh

Daya Tarik dan Upaya Retensi Tenaga Kerja Dengan Tunjangan kompetitif

Sekilas Opini – Salah satu tantangan bagi pengusaha adalah mengelola tindakan penyeimbangan antara meningkatnya biaya dan penggunaan tunjangan dalam mencapai tujuan organisasi. Upaya penyeimbangan ini bisa berupa mempertahankan karyawan dengan mengajukan berbagai tingkat kompensasi dasar, upah, dan tunjangan.  

Pendekatan tunjangan yang dipilih sebagai bagian dari total imbalan tergantung pada banyak faktor, seperti kompetisi tenaga kerja, siklus hidup organisasi, dan pendekatan strategis perusahaan.

Sebagai contoh; perusahaan menetapkan gaji pokok yang relatif rendah namun menggunakan insentif yang sangat bervariasi. Hal ini upaya yang dilakukan perusahaan untuk menarik karyawan baru.

Alasan pengusaha menawarkan tunjangan beragam dan mengikat pertimbangan strategis adalah tunjangan kompetitif, daya tarik untuk tenaga kerja, tunjangan pengelolaan, dan manfaat komunikasi.

Tunjangan sangat penting digunakan agar dapat membantu menciptakan dan mempertahankan keunggulan kompetitif.  Persaingan yang ketat untuk pekerja yang kompeten, perusahaan harus mempertimbangkan paket tunjangan yang menarik bagi karyawan tersebut.

Meski demikian, tunjangan tidak selalu memenuhi kebutuhan pengusaha dan pekerja. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang maksimal untuk berhasil menempatkan tunjangan sebagai pendorong hubungan karyawan.

Pengusaha dapat menawarkan tunjangan untuk membantu perekrutan dan retensi, memengaruhi kinerja organisasi, dan memenuhi persyaratan hukum.

Baca Juga: Ini Perbedaan PKWT dan PKWTT yang Wajib Anda Ketahui

Alasan utama untuk menawarkan tunjangan adalah untuk menarik dan mempertahankan bakat dan memenuhi tanggung jawab kepada karyawan. Tunjangan sangat penting bagi efektivitas daya saing perusahaan dan untuk menarik serta mempertahankan pekerja.

Salah satu contoh, banyak pekerja yang mencari perusahaan atau tempat kerja yang memberikan tunjangan seperti asuransi kesehatan, asuransi tenaga kerja, dan pesangon. Semakin menarik tunjangan yang diberikan oleh perusahaan, daya tarik perusahaan akan meningkat.

Tunjangan dapat memengaruhi keputusan tenaga kerja dalam memilih tempat kerja. Tingkat tunjangan kompetitif dapat mempengaruhi daya tarik tenaga kerja dan dapat menjadi upaya retensi dari perusahaan.

selayangopini

selayangopini

Penulis

DS

Editor

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed