oleh

Daun Kelor Sebagai Obat Alternatif Untuk Kolestrol dan Gula Darah

Sekilas Kesehatan – Daun kelor merupakan tanaman tropis yang sejak lama telah dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional bahkan dijadikan sayur. Daun ini  disebut juga dengan daun ajaib atau ‘miracle tree‘. Karena didalamnya mengandung manfaat bagi kesehatan dengan Kandungan nutrisi daun kelor.

Setiap 2 gram daun kelor, mengandung 14 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • 2 gram protein
  • 1,8–2 gram karbohidrat
  • 0,8 miligram zat besi
  • 8,8 miligram magnesium
  • 70 miligram kalium
  • 38–40 miligram kalsium
  • 11 miligram vitamin C
  • 600 IU vitamin A
  • 8,5 mikrogram folat

Selain beragam nutrisi di atas, daun kelor juga mengandung vitamin B, serat, fosfor, selenium, zinc, dan tembaga. Daun kelor juga mengandung banyak antioksidan, seperti polifenol. Dikutip dari alodokter.

Baca Juga: Tips Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dalam Situasi Pandemi COVID-19

World Health Organization (WHO) menganjurkan bagi anak-anak dan bayi dalam masa pertumbuhan untuk mengonsumsinya karena manfaat dari kandungan daun kelor yang besar untuk kesehatan, diantaranya sebagai berikut:

Kaya akan antioksidan 

Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi, dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit seperti diabetes melitus tipe 2, hingga penyakit jantung. 

Membantu menurunkan kadar gula darah 

Daun kelor juga disebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sayangnya, belum banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat daun kelor dalam hal ini. 

Membantu meredakan peradangan 

Daun kelor mengandung isotiosianat, yang merupakan zat antiperadangan. Sehingga, tumbuhan ini dipercaya dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi di tubuh. 

Menurunkan kolesterol 

Manfaat daun kelor yang disebut dapat membantu menurunkan kolesterol, membuatnya menjadi incaran banyak orang. Pada daun kelor, efek penurun kolesterolnya disebut mirip dengan almond dan oats. 

Melindungi tubuh dari keracunan arsen 

Pada penelitian yang dilakukan di hewan uji, daun kelor disebut dapat melindungi tubuh dari racun arsenik, yang tidak jarang bisa masuk ke tubuh melalui kontaminasi makanan dan air.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed