oleh

Bawaslu Ungkap Status Warga Negara Orient, Bupati Terpilih Sabu Raijua

Sekilas Politik – Bupati terpilih Sabu Raijua NTT, Orient Patriot Riwukore, sempat membuat dunia maya sontak viral bahwa ia memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat (AS). Hal ini terkonfirmasi setelah Bawaslu mendapat surat jawaban dari Kedutaan Besar (Kedubes) AS, Senin (1/2/2021).

Meski berkewarganegaraan AS, Orient juga memiliki e-KTP. Bahkan Orient juga terdata di Disdukcapil.

“Berdasarkan surat balasan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta pada 1 Februari 2021, perihal status kewarganegaraan dari saudara Orient Patriot Riwukore, pihak Kedutaan AS menginformasikan bahwa benar warga Amerika,” tulis Ketua Bawaslu Kabupaten Sabu Raijua, Yudi Tagi dalam suratnya.

Yudi menuturkan bahwa terdapat kecurigaan atas kewarganegaraan paslon sejak awal dikarenakan Orient diketahui tidak tinggal di Indonesia selama puluhan tahun. Sempat meminta dan mengkonfirmasi keterangan ke Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta bulan lau, dan baru terkonfirmasi awal bulan ini.

Orient Patriot Riwukore ikut mencalonkan diri sebagai Bupati Sabu Raijua pada Pilkada tahun lalu. Orient maju bersama Thobias Uly diusung oleh Partai Demokrat dan PDIP.

Dalam Pilkada 2020, Orient – Uly, pasangan calon nomor urut 02 ini mendapatkan 21.359 suara (48,3%). Mengalahkan pasangan calon 01 Nikodemus H Riki Heke-Yohanis Uly Kale dengan 13.292 suara (31,1%) serta pasangan calon 03 Takem Irianto Radja Pono-Herman Hegi Radja Haba yang memperoleh 9.569 suara (21,6%).

Pasangan Orient P Riwukore dan Thobias Uly ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada pemilu tersebut.

Hingga saat ini belum ada tanggapan dari pihak Orient atas berita kewarganegaraan AS tersebut dan tim sukses pemenangan Orient-Tobias mengaku belum mengetahui kabar tentang status kewarganegaraan Orient.

Arief

Penulis

DS

Editor

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed