oleh

Azyumardi Azra: Lima Ini yang Mengancam Keharmonisan Bangsa

Sekilas News – Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Azyumardi Azra menyebut ada lima ancaman terhadap keharmonisan atau keragaman di bangsa ini. Pertama, adanya disrupsi sosial dan budaya dalam masyarakat. Gejala ini adalah berupa kehilangan rasa nasionalisme dan kehilangan budaya-budaya luhur yang ada sejak bangsa ini didirikan.

“Ini ancaman pertama. Misalnya kehilangan sifat toleransi, tidak menghormati sesama dalam keberagaman. Jadi ada disrupsi sosial dan budaya bangsa,” kata Azyumardi dalam webinar bertema “Mewujudkan Harmoni Dalam Kebhinekaan: Masalah dan Solusinya” di Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Ia menjelaskan ancaman kedua adalah adanya keinginan untuk membentuk penyeragaman atau homogenisasi kehidupan masyarakat. Dia menyebut mayoritas masyarakat Indonesia memang mengambil sikap moderat. Namun tidak boleh dilupakan bahwa masih ada kelompok kecil yang ingin menjadikan Indonesia sebagai negara yang homogen. Misalnya membentuk Indonesia sebagai negara khilafah.

“Ada upaya homogenisasi. Kadang mereka pakai kekerasan. Pemerintah harus menyikap,” tegas Azyumardi.

Ancaman ketiga, lanjut Azyumardi, adalah adanya kesenjangan ekonomi yang begitu dalam di masyarakat Indonesia. Hal itu ditunjukkan dengan angka gini ratio atau kesenjangan antara yang kaya dan miskin yang sangat tinggi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed