oleh

Apa itu Psikologi Positif?

Sekilas Science – Psikologi positif mengeksplorasi apa yang memungkinkan individu dan masyarakat berkembang. Ilmu ini meneliti bagaimana orang dapat memupuk kebahagiaan, kekuatan, dan ketahanan, dan pada akhirnya menjalani kehidupan yang memuaskan dan bermakna. 

Daripada mencoba meringankan penderitaan, psikologi positif berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan. Psikologi positif adalah disiplin yang relatif baru, tetapi telah berkembang pesat sejak kemunculannya.

Prinsip Psikologi Positif

Psikologi positif bertujuan untuk mengungkap apa yang memungkinkan manusia berkembang — hal-hal seperti mencapai tujuan profesional, menciptakan hubungan yang penuh kasih, atau merasa terpesona oleh keindahan alam. Bidang ini bertujuan untuk menyediakan bahan-bahan yang dapat digunakan oleh setiap orang untuk membangun kehidupan yang paling memuaskan dan bahagia.

Banyak Sarjana psikologi positif percaya bahwa bagian baik dan buruk dari kehidupan sama-sama murni dan kebaikan bukanlah tidak adanya yang buruk tetapi keberadaannya untuk menjadikkan keduanya harmoni, hidup bersama untuk kesejahteraan dan tujuan. 

Tujuannya bukan untuk mengabaikan penderitaan, tetapi untuk membangun pemahaman yang lebih baik tentang apa yang memungkinkan individu berkembang.

Siapa Pencetus Psikologi Positif?

Martin Seligman, seorang psikolog dari University of Pennsylvania, diperkenalkan sebagai orang yang mengembangkan bidang modern psikologi positif. Seligman menjadi presiden American Psychological Association pada tahun 1998 dan menetapkan psikologi positif sebagai inti dari masa jabatannya. Psikolog Mihaly Csikszentmihalyi, Christopher Peterson, dan lainnya juga merupakan pelopor.

Bagaimana Sejarah Gerakan Psikologi Positif?

Ide-ide yang mendasari psikologi positif ditelusuri kembali ke psikolog humanistik seperti Abraham Maslow pada 1950-an. Namun bidang saat ini didirikan oleh Martin Seligman pada tahun 1990-an. Seligman dan yang lainnya percaya bahwa psikologi terlalu berfokus pada gangguan dan kekurangan, daripada kekuatan yang memungkinkan orang menjalani hidup yang bahagia, tangguh, dan bermakna. Sejak saat itu, bidang ini mendapatkan popularitas dan banyak pengikutnya.

loading…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed