oleh

51 Orang Warga Binaan Lapas Sukamiskin Positif COVID-19

Sekilas News – 51 orang warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, terkonfirmasi positif COVID-19 berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG). Hal itu setelah dilakukan tes usap (swab test) terhadap 460 warga binaan dan petugas lapas, Minggu (7/2/2021).

“Untuk mereka yang CT tinggi mereka pada dasarnya OTG, tanpa gejala tapi dinyatakan positif,” ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat Imam Suyudi.

Usai dinyatakan positif, Imam mengatakan para napi kini menjalani isolasi mandiri. Isolasi dilakukan di kamar atau sel masing-masing.

“Mereka melaksanakan isolasi di kamarnya masing-masing. Kebetulan di sukamiskin ini kan kamarnya satu orang satu,” tuturnya.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Rika Aprianti mengatakan, dari jumlah itu, empat warga binaan yang bergejala berat sudah dirawat di rumah sakit. Sementara 47 warga binaan yang tidak bergejala menjalani isolasi mandiri di blok khusus di Lapas Sukamiskin dengan pengawasan tim medis dari Lapas Sukamiskin, Kanwil Kemkumham, dan Dinas Kesehatan Jabar. 

Lebih lanjut Rika menjelaskan Ditjenpas termasuk Lapas Sukamiskin, terus melakukan pencegahan  penyebaran virus corona dan menyembuhkan warga binaan yang terpapar COVID-19.

“Perhatian utamanya adalah bagaimana agar warga binaan dan petugas yang positif ini dilakukan perawatan dan penyembuhan secara cepat dan tepat dan tentunya koordinasi dengan pihak medis di lapas maupun kantor wilayah dan dinas kesehatan setempat,” ujar Rika.

Tya

Penulis

DS

Editor

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed