oleh

29 Orang Meninggal Setelah Disuntik Vaksin COVID-19

Sekilas Internasional – Sebanyak 29 warga Norwegia berusia lanjut (lansia) meninggal setelah disuntik vaksin. Salah satu fakta setelah kejadian tersebut adalah Badan Obat Norwegia atau NMA menyatakan ada keterkaitan dengan vaksin Pfizer-BioNTech dengan kematian tersebut.

Selain itu juga setelah vaksin Pfizer-BioNTech muncul sejumlah efek samping pada penerimanya. Beberapa diantaranya mual, muntah, dan demam.

Berikut fakta kejadian kematian di Norwegia yang disebut karena vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech, dikutip The Hindustan Times, Minggu (17/1/2021):

1. Hanya Ada Pfizer-BioNTech di Norwegia

Salah satu keterkaitan antara kematian dengan Pfizer-BioNTech adalah karena di Norwegia hanya tersedia vaksin Covid-19 itu. Hal ini dikonfirmasi oleh Badan Obat Norwegia (NMA).

2. NMA dan Pfizer Sedang Menyelidiki Kejadian Tersebut

NMA juga menyatakan jika dari jumlah tersebut 13 kematian telah dilakukan penilaian. Sementara sisanya masih dilakukan penyelidikan. Lembaga itu menambahkan seluruh kematian terkait dengan orang tua dengan penyakit serius.

Selain Norwegia, Pfizer juga melakukan penyelidikan atas kematian tersebut. Hasil penyelidikan bersama Biontech dan NIPH itu menemukan jika jumlah insiden masih belum mengkhawatirkan.

3. Efek Samping Pfizer-BioNTech

Dilaporkan jika vaksin Pfizer-BioNTech memiliki efek samping adalah mual dan muntah, demam dan reaksi lokal di sekitar tempat suntikan.

Baca Juga: Akhirnya WHO di Kota Wuhan China Untuk Selidiki Asal Usul Virus Corona

Institut Kesehatan Publik Norwegia (NIPH) mengatakan vaksin bisa memberikan sedikit atau tidak bermanfaat pada orang dengan masa hidup singkat. Selain itu efek samping ringan bisa menjadi konsekuensi serius.

4. Belum Ada Larangan Vaksin Untuk Usia Muda

Setelah kejadian tewasnya 29 orang itu, Norwegia belum melakukan larangan vaksin untuk orang berusia muda dan lebih sehat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed